Berita Terbaru

Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Baduy, Gubernur WH: Ada Nilai Masyarakat Baduy yang Bisa Dicontoh

SERANG, BewaraNews.Com – Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH) mengaku bangga,  baju adat Baduy dipakai oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam Sidang Istimewa DPR MPR RI pada Senin kemarin, 16 Agustus 2021.  

Demikian dikatakan Gubernur WhH usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Provinsi Banten di Lapangan Setda Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Selasa, 17 Agustus 2021.

“Ada satu sistem dan pola kehidupan masyarakat Baduy yang perlu kita contoh. Salah satunya sistem ekonomi gotong royong. Sistem sosialnya memberikan suatu contoh tersendiri, diantaranya tradisi yang mengatur hubungan dengan masyarakat lain, sistem mengolah lahan, bagaimana mereka bisa survive sejak ratusan tahun lalu,” ujarnya.

“Sebuah nilai yang tidak lekang oleh dinamika perkembangan jaman,” tambah Gubernur.   

Dikatakannya, peringatan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus memberikan makna hakiki amanah kemerdekaan untuk mengisi pembangunan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Salah satu upaya mewujudkan kesejahteraan rakyat itu dengan memberikan layanan  kesehatan dan pendidikan. Amanah kemerdekaan adalah membangun dan mensejahterakan rakyat,” kata Gubernur WH.

“Kita tidak lagi mengusir penjajah dan melawan kolonialisme, tapi yang kita lakukan mengisi pembangunan dan mewujudkan harapan masyarakat. Tentunya itu tugas bersama kita,” tambahnya.

Gubernur WH juga menghimbau kepada seluruh pihak agar mematuhi Protokol kesehatan dalam perayaan Hari Kemerdekaan RI ke-76, khususnya tidak menimbulkan kerumunan. 

“Rayakan Hari Kemerdekaan, tapi tetap mentaati Protokol Kesehatan (Prokes),” pungkasnya.

Upacara diikuti oleh Wakil Gubernur Andika Hazrumy, Sekretaris Daerah Al Muktabar, Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni, Forkopimda Provinsi Banten, serta kepala OPD Pemprov Banten. Komandan upacara, Kabid Ketertiban Umum Satpol PP Provinsi Banten Paundra Bayyu Ajie. (*/red)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *