Berita Terbaru

Manfaat ETLE, Berikut Penjelasan Ditlantas Polda Banten

SERANG, BewaraNews.Com – Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) tahap pertama resmi diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Gedung NTMC Korlantas Polri Jakarta pada Maret 2021 lalu.

Direktoral Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Banten termasuk salah satu Polda yang telah siap menerapkan penindakan tilang elektronik tahap pertama di Kota Serang dengan memasang kamera pemantau di tiga titik, yaitu di Simpang Ciceri, Simpang Sumur Pecung dan Simpang Pisang Mas.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo mengatakan, terobosan tilang eletronik ini mampu memudahkan penindakan kepada para pelanggar lalu lintas dan berbagai kasus lain yang terjadi di jalan.

“Tilang elektronik ini bermanfaat sekali, karena mampu memudahkan penindakan kepada para pelanggar lalu lintas dan berbagai kasus lain yang terjadi di jalan. Misalnya, penggunaan pelat nomor Polisi palsu atau tidak sesuai dengan kendaraan terkait, kejahatan, kecelakaan lalu lintas hingga menekan kasus pungutan liar atas tilang di lapangan,” ujar Kombes Pol Rudy Purnomo melalui press releasenya yang diterima media ini, Sabtu, 04 Desember 2021.

Ia menjelaskan, sejumlah pelanggaran lalu lintas yang tertangkap oleh kamera pengawas ETLE itu di antaranya menggunakan handphone seluler (HP), tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt), melanggar rambu lalu lintas dan marka jalan, tidak memakai helm dan pelanggar lalu lintas kasat mata lainnya. 

“Penerapan tilang ETLE ini sangat efektif. Di sejumlah titik yang terdapat ETLE menunjukkan bahwa terjadi peningkatan disiplin masyarakat. Ini dapat dilihat dari jumlah pelanggaran yang tercapture (tertangkap) oleh kamera. Artinya, ETLE memiliki dampak besar untuk keberlangsungan penertiban lalu lintas sekaligus pencegahan hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Ia menghimbau kepada seluruh pengguna jalan raya untuk mematuhi peraturan lalu lintas.

“Namun jangan hanya tertib di jalur yang terpasang kamera ETLE, tapi juga harus disiplin berlalu lintas di ruas jalan lainnya untuk keselamatan di jalan,” pungkasnya. (*/red)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *