Berita Terbaru

Gebyar Pentas Talenta Yumaga SMPN 3 Pandeglang

  

BewaraNews.Com  Pandeglang  |  Ratusan siswa-siswi  berserta alumni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Pandeglang  dengan antusias menghadiri dan menyaksikan Acara Gebyar Pentas Talenta Yumaga tahun 2021-2022. yang di adakan di lapangan SMPN 3 Pandeglang setempat.

Asep Muhamad Alwi, MPd Plt Kepala Sekolah SMPN 3 Pandeglang saat ditemui media BewaraNews.Com Sabtu (15/01/2022) disela-sela kesibukannya dalam acara pentas seni tersebut menyampaikan kegiatan ini baru pertama kali di adakan.

"Kami berharap acara hari ini merupakan titik awal yang baik, kerena sebelumnya acara seperti ini tidak bisa kita lakukan, dan acara baru bisa kita lakukan di awal semester tahun 2022 ini, serta kami juga berharap agar kegiatan ekstrakulikuler kedepannya nanti dapat ditampilkan dan dimeriahkan terus melalui acara seperti ini," ujarnya

Lanjut Asep Muhamad Alwi jadi kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan sesuatu hal yang sangat penting, dalam rangka menggali dan memupuk potensi, mengasah kemampuan serta pembentukan karakter siswa-siswi.

"Jadi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) ini merupakan suatu kegiatan tambahan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMPN 3 Pandeglang di luar jam pelajaran yang dilakukan di sekolah ataupun di luar sekolah yang berujuan untuk menambah pengetahuan, keterampilan, dan wawasan serta membentuk karakter siswa-siswi sesuai dengan minat dan bakat masing masing," ujar Asep Muhamad Alwi.

Dalam kesempatan ini, pihaknya juga menyampaikan ikut perihatin atas terjadinya musibah gempa yang  melanda beberapa Kecamatan di Wilayah Kabupaten Pandeglan Banten,Jumat lalu (14/01/2022).

"Kami ikut perihatin atas terjadinya musibah gempa di Wilayah Kabupaten Pandeglang yang berkekuatan 6,7 Skala Richter menyebabkan beberapa serana dan prasarana yang rusak seperti serana Ibadah, serana pendidik, dan pasilitas umum, serta ratusan tempat tinggal warga masyarakat," tuturnya.

Lanjut, Asep Muhamad Alwi menyampaikan dalam acara ini, pihaknya menerapkan protokol kesehatan, dan berharapan agar Covid -19 segera berakhir sehingga setuasi dan kondisi, cepat pulih normal seperti sediakala.

"Kami dalam acara ini memperhatikan standat protokol kesehatan (Prokes) Covid- 19 dan kami berharap mudah mudahan Covid -19 cepat berakhir, serta kami juga berdo'a agar Covid dengan varian Omicron tidak menyebar sampai ke Pandeglang, agar proses ngajar dan belajar bisa  berjalan normal seperti biasa," ujarnya

Di tempat yang sama, Drs. H. Agus Salamullah selaku pembina ekstrakulikuler SMPN 3 Pandeglang menyampaikan dalam acara hari ini pihaknya akan menampilkan beberapa hasil karya seni tradisional siswa-siswi SMPN 3 Pandeglang.

"Seperti lantunan beberapa lagu yaitu Lagu Yumaga, Lagu Laut Kidul, lagu Lathi, dan  penampilan Tari Kepahlahwanan Yusuf Martadilaga, Tari Bokoran, Tari Bagja," jelasnya.

"Dan juga Dongeng  Sasakala Batu Tulis Cindangiang, Gitar Duet, Musik tradisional Batu Goong, Musik tradisional Aermokla, Solo Vokal Lukisan Indonesia dari Naura, serta Garapan Angk'ung Pandeglang Berkah," katanya.

H. Agus salamullah menjelaskan acara ini merupakan salahsatu cara seniman menyampaikan pesan dengan cara tersendiri seperti melalui lantunan lagu lagu, gerakan dalam tari, dan alunan nada nada musik serta melalui beberapa cerita atau dongeng.

"Ini merupakan cara seorang seniman memyampaikan pesan pesan moral dari dirinya kepada orang banyak untuk menyampaikan nilai nilai budaya melalui kesenian tradisional, serta menanamkan rasa cinta kepada adat istiadat dan menghargai jasa jasa para pahlawan," kata H. Agus Salamullah.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan selalu mensupport. mempasilitasi keinginan siswa-siswi, dalam proses pembinaan dan mengembangkan seni tradisional agar lebih baik kedepannya nanti.

"Melalui waktuk yang cukup panjang, dan ditopang dengan fasilitas yang memadai, serta didukung oleh semua pihak seperti pelatih yang handal, pembina yang profesional, serta kemauan siswa-siswi yang tinggi sehingga  membuahkan hasil yang indah, SMPN 3 Pandeglang dapat menjadi Juara nasional, 2 tahun berturut-turut, dapat mengharumkan nama sekolah, dan nama kabupaten, serta nama provinsi di kanca nasional," kata H. Agus Salamullah.

Alumi 2019 sekarang menempuh pendidikan di sekolahan SMAN 1 Pandeglang jurusan IPA dirinya menjelaskan acara ini pertama kali ini dirayakan, semua alumni diundang oleh panitia.

"Menurut kami acara seni pentas telenta yumag ini, sangat bagus, bagus sekali pak, dapat dijadikan acuan acara selanjutnya semoga bisa dilanjutkan lagi tahun depan," jelas Fajril.

Fajril juga menyampaikan "Kami berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi contoh serta memotivasi bagi sekolah sekolah yang lainnya agar dapat mengadakan acara seperti ini," tutupnya. (@Ardy)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *