Berita Terbaru

Melalui Musrembangdes Pemdes Ciinjuk Sampaikan, Untuk Mewujudkan Pelayanan Yang Prima Akan Terapkan Good Governance

Bewaranews.com Pandeglang  | PemerintahDesa (Pemdes) Ciinjuk melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrembangdes) di Villa Desa Ciinjuk Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten.

Acara tersebut dihadiri oleh Pihak Kecamatan Cadasari, beberapa Babinkamtibmas Polsek Cadasari, Babinsa Koramil Cadasari, kordinator wilaya pertanian Cadasari  Pihak puskesmas Cadasari, BPD, PLD, dan seluruh ketua RT/RW, Kadus serta beberapa tokoh masyarakat desa setempat.

Acara tersebut diatas berjalan dengan lancar, ada beberapa tokoh masyarakat dengan antusias mengajukan pembangunan serana dan prasarana infrastruktur, dan pihak desa  juga menekankan agar Rt/Rw proaktif untuk mendata masyarakat miskin yang terdampak Covid-19 agar semunya bisa terakomodir, hal ini terlihat dari pantauan media Bewaranews.com, Senin (24/01/2021).

Kepala Desa Ciinjuk H. Eddy Sas menyampaikan dalam acara musrembangdes hari ini ada beberapa hal yang bisa diambil dan dijadikan acuan kerja bagi pemerintahan desa dalam menerapkan pembangunan serana dan prasarana desa kedepannya nanti.

"Dengan adanya acara ini, pemerintah desa bisa menentukan skala prioritas pembangunan, dalam mengalokasikan  anggaran desa maupun anggaran dinas dari kabupaten, dinas dari provinsi, bahkan dari kementerian berupah infrastuktur dan pembedayaan sosial masyarakat," ujar Kepala Desa Ciinjuk.

Sementara disisi lain, H. Eddy Sas menambakan, dalam program 100 hari kerja, pihaknya sedang merepormasi sistem kepemeritahan desa untuk mengikis warisan warisan yang kurang baik, dan akan melanjutkan capaian capaian yang sudah bagus, dengan menerapkan good governance dalam pemerintah desa Ciinjuk yang sekarang.

"Kami siap menerapkan prinsip prinsip good governance seperti akan meningkatkan partisipasi masyarakat, menegakan supremasi hukum, akan mengutamakan transparansi dalam menjalankan roda kepemerintahan, serta peduli pada stakehoder, dengan berorientasi pada konsensus masyarakat," ujar Kepala Desa Ciinjuk.

Kepala Desa Ciinjuk seusai mengikuti acara Musrembangdes menyampaikan salahsatu upaya pemerintah desa untuk mewujutkan pelayanan yang prima kepada seluruh lapisan warga masyarakat desa.

"Kami akan selaluh berpijak sesuai Dengan Peraturan Bupati (Perbup) Pandeglang Nomor 36 tahun 2021 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan ( LKD/K), dan Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (KPMD/L)," tutur H. Eddy Sas.

Sambung, Kepala Desa Ciinjuk pihaknya juga menjelaskan dari beberapa jenis LKD/L seperti Rukun Tetangga (RT)/Rukun Warga (RW). Pemberdayaan Kesejatraan Keluarga (PKK), Karang Taruna, dan Posyandu, serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). dari proses pengankatan, sampai tugas dan fungsi lembaga tersebut akan dimaksimalkan oleh pihaknya.

"Kami akan jalin koordinasi dan komunikasi kepada semua pihak untuk menumbuhkan partisipasi masyarakat, sehingga terjalin senergitas antara pemerintah desa dengan semua lembaga kemasyarakatan desa serta seluruh lapisan warga masyarakat," jelas H. Eddy Sas.

Lanjut, H. Eddy Sas menjelasakan ada salahsatu program sosial, yang sudah lama berjalan di masyarakat secara umum sudah cukup baik dan tidak ada masalah tetapi menurut pihaknya ada beberapa hal yang harus dibenahi dan ditingkatkan dalam berkoordinasi ke semua pemerintahan desa sampai kelapisan yang paling bawah seperti Rt. 

"Seperti salahsatu contoh kernerja pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) koordinasi kepada pemerintahan desa melalui kepala seksi kesejahteraan sosial (kasikesos) sudah berjalan sebagamana mestinya tetapi beberapa ketua kelompok yang ditunjuk oleh pendamping PKH belum ada koordinasi kepada ketua Rt setempat, hal hal seperti ini harus kita benahi agar terjalin komunikasi yang baik dan menjaga sesuatu hal yang tidak kita inginkan," kata H. Eddy Sas.

Sementara itu, Salimi selaku Ketua Dewan Perwakilan Cabang Lembaga Suwadaya Masyarakat Pemantau Kenerja Aparatur Negara (DPC LSM PENJARA) Kabupaten Pandeglang menyampaikan saat ditemui media dalam acara Musrembangdes di desa Ciinjuk menurut hasil pemantauan dari pihaknya dari beberapa Musrembangdes yang sudah dilaksanakan dibeberapa desa di kecamatan cadasari.

"Kami sangat mengapresiasi Musrembangdes yang dilaksanakan di desa Ciinjuk hari ini, menurut kami ini merupakan acara Musrembangdes yang paling rame, dibandingkan beberapa Musrembangdes yang dilaksanakan di desa desa yang lain, yang kami ikuti di Kecamatan Cadasari," ujar Salimi yang biasa di panggil Baros itu.(@Ardy)


















































































































































Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *