Berita Terbaru

Pemprov Papua Studi Banding ke Setwan Banten Terkait Keterbukaan Informasi Publik


SERANG, BewaraNews.Com – Sekitar 100 orang lebih dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua datangi Pemprov Banten dalam rangka studi banding dan bimbingan teknis tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), bertempat di Hotel Horison Kota Serang, Selasa, 24 Mei 2022.

Mereka diterima langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfo dan Persandian Provinsi Banten, Hj. Eneng Nurcahyati, MPar.

Kadis Kominfo dan Persandian Provinsi Banten, Hj. Eneng Nurcahyati dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Provinsi Banten dan semoga dalam kunjungan ke OPD-OPD dapat bermanfaat sehingga dapat diimplementasikan di Provinsi Papua serat semoga Pemprov Papua menjadi Provinsi  yang Informatif.

Perwakilan dari Pemprov Papua yang ditugaskan berkunjung ke Sekretariat DPRD Provinsi Banten berjumlah enam orang dan didampingi oleh seorang staf dari kominfo.

Sekretariat DPRD Provinsi Banten menugaskan Kepala Sub Bagian Informasi Publikasi dan Dokumentasi, Ibud Sihabudin MAP, untuk mendampingi rombongan dan memberikan kiat-kiat menuju Badan Publik yang Informatif. 

Ibud dalam pemaparannya mengatakan, kiat-kiat tersebut tidak sulit, karena sudah ada landasan hukumnya, yaitu Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi.

“Hanya tinggal kita mengimplementasikan dan menerjemahkan isi yang termaktub dalam regulasi tersebut. Kami melakukan hal itu selama tiga tahun dan selama itu pula kami selalu koordinasi dengan PPID utama, konsultasi dengan Komisi Informasi Provinsi Banten, karena kami ingin mendapatkan predikat yang lebih baik, baik dari pemohon informasi maupun pengguna informasi, sehingga masyarakat tahu apa yang dikerjakan oleh Sekretariat DPRD maupun DPRD itu sendiri,” tuturnya.

Oleh karena itu, kata Ibud, pihaknya sangat senang dengan kehadiran Pemprov Papua. Pihaknya juga sangat terbuka lebar untuk menerima apabila ada yang mau magang, sharring, dan membantu bagaimana mengelola media sosial.

“Karena saat ini digitalisasi sudah tidak bisa dihindari. Pengembangan digitalisasi kami untuk penyampaian informasi kegiatan-kegiatan bisa diakses melalui channel YouTube Banten Parlemen TV, Website DPRD yang selalu update, serta instagram dan medsos lainnya. Semua selalu kita update. Bahkan sehari bisa beberapa tayangan. Jadi kami di sini jadikan tempat ini seperti kantor media yang profesional,” pungkasnya. 

Sementara, Aryani, perwakilan dari Pemprov Papua atau Majelis Rakyat Papua (MRP) mengapresiasi Sekretariat DPRD Provinsi Banten yang sudah mendapatkan predikat badan publik yang Informatif.

“Kami sangat berkesan datang ke sini dan kami senang sudah diberikan kiat-kiat menuju Badan Publik yang Informatif dan langsung diperlihatkan ruang server, sehingga kami langsung praktek,” pungkasnya. (Adv)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *