Berita Terbaru

Bupati Irna Sebut Tasyakuran Laut Jadi Destinasi Bahari yang Menarik Wisatawan


PANDEGLANG, BewaraNews.Com – Tasyakuran laut atau yang dinamakan Nadran merupakan sebuah tradisi yang dilakukan secara turun temurun oleh para nelayan di Desa Sidamukti, Ķecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Mementum ini menjadi destinasi bahari yang dapat menarik minat wisatawan.

Demikian dikatakan Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat meresmikan acara di Desa Sindamukti, Kecamatan Sukaresmi, Minggu, 14 Agustus 2022.

“Ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sidamukti, berbagai kegiatan dilaksanakan selama satu bulan, bukan hanya warga setempat yang datang tapi dari luar pun akan ikut memeriahkan,” ujarnya.

Dalam kegiatan tasyakuran laut atau Pesta Laut ini, banyak kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan. Tentu ini, kata Bupati Irna, dapat memicu minat pengunjung untuk menyaksikan kegiatan yang dadakan pada kesempatan tersebut.

“Saya yakin yang datang saat ini bukan hanya warga desa sidamukti, namun warga luar yang penasaran ingin menyaksikan kegiatan tahunan ini,” ujarnya.

Menurutnya, tradisi Naderan (Pesta Laut) atau tasyakuran laut walaupun sebuah tradisi, namun bisa dimaknai sebagai wujud syukur kepada Allah SWT, atas sumber daya alam yang dilimpahkan.

“Kita niatkan rasa syukur kepada Allah, atas apa yang kita dapat,” pungkasnya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita. 

Sementara itu, Camat Sukaresmi, Windu mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah kegaiatan dua tahun sekali. Sehingga antusias masyarakat sangat terlihat ditambah lagi tahùn lalu kegiatan ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Menurutnya, Forkopim Kecamatan Sukaresmi dan Panimbang, sangat mendukung kegiatan Naderan atau Ruat Laut ini.

"Saya sendiri selaku Camat merasa bangga kepada masyarakat nelayan yang sudah mengadakan kegiatan ini dengan iuran untuk pendanaannya. Ini adalah bukti kebersamaan para nelayan, kami pun ikut juga berpartisipasi membantu kelangsungan acara ini," paparnya.

Masih kata Windu, acara puncak akan ada Larung Samudera atau pawai Kapal nelayan yang dirias, dengan membawa berbagai sajen ke tengah laut. Hal itu memurutnya, akan menarik para wisatawan lokal maupun dari luar daerah.

“Bahkan sering juga wisatawan asing yang berkunjung hanya ingin menyaksikan acara ruat laut atau naderan ini. Semoga acara ini lancar dan sukses. Karena acara seperti ini sudah adat istiadat wilayah pesisir pantai atau para nelayan,” pungkasnya.

Terkait keamanan pada pelaksanaan pesta laut, Kepala Polair Polres Pandeglang, AKP Zul menjelaskan, keamanan pada pelaksanaan kegiatan ruat laut atau syukuran laut sudah disiapkan dari jauh hari.

“Kami juga berkordinasi dengan pihak Pemerintah kecamatan dan Polsek setempar untuk lancarnya syukuran ini. Cara bertindak sesuai SOP mulai dari penumpang disiapkan. Hingga penekanan Kapten Kapal yang membawa untuk menjaga keselamatan jiwa," terangnya.

Terkait personil yang diturunkan pada pengamanan, kata AKP Zul, untuk Polair berjumlah 15 orang, ditambah dengan dukungan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Polsek Panimbang.

“Kita sudah siapkan pengamanan dari hari awal pelaksanaan, hingga selesai kegiatan,” pungkasnya. (*/red)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *