Berita Terbaru

Menjelang Peringatan Hari Besar Islam, IRMA BRC dan DKM BRC serta Tokoh Masyarakat Cegog Buat Rencana Perayaan Mewah

BewraNews.com Pandeglnag |Rencana Perayaan Hari Besar Islam (Maulid Nabi Muhammad SAW) di Kampung Cegog Desa Rancapinang tahun ini terkesan lebih meriah dari tahun-tahun yang lalu.

Bagaimana tidak, persiapan Anggaran Biaya dan Kebutuhannya juga telah disepakati sejak lebih dari 2 (dua) bulan. Rencana Perayaan ini diinisiasi oleh Ikatan Remaja Masjid Baitur Rahim Cegog (IRMA BRC) dan Dewan Kemakmuran Masjid Baitur Rahim Cegog (DKM BRC) serta para Tokoh.

Rencana Anggaran Biaya mencapai sekitar 20.000.000.00 (Dua Puluh Juta Rupiah) dengan kebutuhan seperti Sound System, Tenda, Kursi dan Meja, Konsumsi, Biaya Transport Mubaligh dan Qori serta lainnya.

Biaya yang didapat terdiri dari iuran Warga yang telah disepakati nominalnya yaitu 50.000.00 (Lima Puluh Ribu Rupiah) serta sisanya dari Uang Kas Masjid yang disimpan oleh Bendahara DKM BRC.

Selain iuran untuk acara, Warga pun sepakat melakukan iuran kembali untuk menghiasi Dongdang yang juga akan dibuat oleh masing masing Wilayah/Rt. Dari masing masing Rt bebas untuk membuat satu ataupun dua Dongdang. Mengingat pembuatan Dongdang ini baru pertama kali akan dilakukan oleh Warga Cegog, yang mana sebelumnya belum pernah ada yang membuat pada Perayaan Maulid, Isra Mi'raj dan Perayaan lain.

Menurut Nana Sekretaris IRMA BRC, kegiatan seperti ini biasanya tidak terlalu mewah, apalagi IRMA yang sebelumnya tidak pernah aktif. Biasanya paling juga acara sederhana yang hanya mendatangkan Kiyai Kondang sekitaran Wilayah Cibaliung, Cibitung dan Cikeusik saja, itupun inisiatif Tokoh Masyarakat yang kemudian diusulkan ke Warga.

"Bagi Warga Cegog, rencana kegiatan semewah ini hanya baru tahun ini, apalagi kan IRMA yang sebelumnya tidak pernah aktif. Biasanya Tokoh dan Warga hanya mendatangkan Kiyai-kiyai asal Cibaliung, Cibitung dan Cikeusik saja, itupun inisiatif Tokoh, bukan IRMA dan DKM". Ujar Nana, Nana juga menjelaskan kisaran Jumlah Uang untuk kegiatan Perayaan, sekaligus bocoran Mubaligh dan Qori yang akan dihadirkan.

"Persiapan Biaya yang kami perkirakan sekitar 20.000.000.00 (Dua Puluh Juta Rupiah), itupun bisa lebih, karna kami akan mendatangkan Mubaligh Kiyai Dalang Muda asal Bogor-Jawa Barat serta Qori Kh. Sadih Hasanudin asal Simpang Malingping Lebak-Banten". Imbuhnya

Menurut Nana, kegiatan seperti ini bukan hanya sekedar menghambur-hamburkan Biaya, akan tetapi sebagai bentuk motivasi terhadap anak-anak muda agar ingin mondok di Pesantren-pesantren.

"Menurut kami kegiatan seperti ini bukan sekedar menghambur-hamburkan Biaya, tetapi ini bentuk upaya kami untuk memotivasi anak-anak muda agar mau mondok di Pesantren-pesantren". Pungkasnya

Bukan hanya Nana, Ustadz Saepudin pun ikut menanggapi rencana Perayaan Maulid yang akan dilaksanakan di Kampung Cegog. Menurut Ustadz Saepudin, Perayaan Hari Besar Islam (Maulid Nabi) sangat perlu dilestarikan, karna di dalamnya terkandung kebaikan kebaikan.

"Terkait Perayaan Maulid Nabi, itu sangat perlu dilestarikan, karna di dalamnya terkandung nilai-nilai kebaikan. Pertama menumbuhkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW, kedua menumbuhkan ghiroh Masyarakat untuk selalu berlomba lomba dalam kebaikan sebagaimana sabda-Nya". Ungkap Ustadz Saepudin

Demikianpun dengan Yandri Mukhlis selaku Tokoh Pemuda Kampung Cegog. Yandri turut senang dengan adanya Rencana Perayaan Maulid. Menurutnya dengan adanya kegiatan tersebut menandakan adanya keharmonisan antar Masyarakat Cegog.

"Terus terang Saya sangat senang dengan adanya rencana Perayaan Maulid ini, jika kegiatan ini terlaksana, berarti kan tandanya ada keharmonisan antar sesama Masyarakat Cegog". Kata Yandri saat dikonfirmasi

Selain itu, kami juga mengkonfirmasi Kepala Desa Rancapinang, yaitu Bapak M. Epan Kusmana via Whatsapp.

Bapak Epan akan hadir pada acara Perayaan tersebut jika sedang ada waktu dan juga jika sedang dalam keadaan sehat.

"Lamun nuju aya waktu sareng badan sehat mah, Kula pasti hadir". Ungkap Beliau

Saat dimintai tanggapan terkait rencana perayaan, Bapak Epan mengungkapkan agar melanjutkan rencana Perayaan tersebut, karna dengan adanya acara Maulid Nabi, kita telah meneladani suri Rosulallah.

"Siap, lanjutkan. Karna dengan acara Maulid Nabi, kita meneladani suri Rasulallah". Tutupnya. @Peri

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *