Berita Terbaru

Tanggul Sungai Jebol. Masyarakat Rancapinang Lakukan Gotong Royong Secara Swadaya.

BewaraNews.com Pandeglang | Masyarakat berbondong bondong gotong royong perbaiki tanggul sungai yang jebol akibat banjir bandang yang tempo lalu membuat ambruk jembatan Surian (Cegog).

Gotong royong ini dilaksanakan kemarin oleh seluruh Masyarakat yang memiliki garapan Sawah di blok Sawah Lega (Surian) (Selasa 04/10/2022)

Tanggul sungai ini adalah pembagian air ke jalur irigasi Sawah yang di gunakan oleh Puluhan Pemilik asal Rancapinang dan Cibadak.

Namun sayang sekali, kondisi saat ini memaksa Masyarakat untuk tidak menggarap Sawahnya dulu akibat tidak adanya ketersediaan air. Dan alasan itulah yang memaksa Masyarakat harus iuran untuk memperbaiki Tanggul tersebut.

Menurut Oma selaku salah satu Pemilik Sawah di Blok Sawah Lega (Surian). Jebolnya tanggul ini sudah cukup lama, sehingga mengganggu Aktivitas para Petani yang hendak menggarap sawahnya.

"Memang kejadian jebolnya tanggul ini sudah cukup lama, sehingga aktivitas Petani yang akan menggarap Sawahnya terhambat". Kata Oma saat diwawancarai

Oma juga menjelaskan bahwa untuk membeli alat-alat yang dibutuhkan, Masyarakat sepakat untuk melakukan iuran.

"Karna ini swadaya, sedangkan kebutuhan dana untuk membeli alat lumayan besar, maka kami sepakat untuk melakukan iuran dengan Nominal Uang minimal 50.000.00 (Lima Puluh Ribu Rupiah) per pemilik Sawah". Tambahnya

Saat kami tanya "Apakah kegiatan gotong royong ini mendapat bantuan dana dari pihak lain?" Oma pun menjelaskan kalau sampai hari ini kegiatan gotong royong adalah murni swadaya Masyarakat.

"Belum ada Pak, sampai hari ini (Rabu, 05 Oktober 2022) kegiatan gotong royong masih murni swadaya Masyarakat yang memiliki Sawah di Blok Sawah Lega". Tutup Oma

Selain Oma, kami juga mewawancarai Yana sebagai penggarap Sawah di jaringan Irigasi yang sama.

Yana berharap agar Pemerintah peka terhadap kejadian kejadian seperti ini untuk ditindak lanjuti. Mengingat sumber penghasilan Masyarakat yang paling besar berasal dari hasil Pertanian, dalam hal ini Sawah.

"Kami berharap agar Pemerintah peka terhadap kejadian kejadian seperti ini. Apalagi sumber penghasilan paling besar Masyarakat berasal dari Sawah". Ungkap Yana

Namun Yana juga memaklumi, karna memang Masyarakat tidak pernah lapor kepada Pemerintah terkait jebolnya tanggul.

"Untuk kasus ini, kami memaklumi Pemerintah, karna memang kami tidak pernah lapor pada Pemerintah". Tutup yana @Peri

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *