Berita Terbaru

DPC POSNU Kota Bekasi Bersinergi untuk Pemilu Mendatang

DPC POSNU Kota Bekasi saat mengunjungi Kantor Bawaslu Kota Bekasi, Jum’at, 17 Februari 2023. (Dok.Istimewa) 

BEKASI, BewaraNews.Com – Dalam rangka ikut serta meningkatkan partisipasi Pemilu 2024, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Poros Sahabat Nusantara (POSNU) Kota Bekasi mengunjungi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar), Jum’at, 17 Februari 2023.

Dalam kesempatan itu, DPC POSNU Kota Bekasi menyerahkan berkas pendaftaran sebagai Lembaga Pemantau Pemilu kepada Bawaslu Kota Bekasi.

Koordinator Demokrasi Dewan Pengurus Cabang (DPC) Poros Sahabat Nusantara (POSNU) Kota Bekasi, Badri Tamami mengatakan, dalam rangka bangun sinergitas bersama Bawaslu Kota Bekasi, pihaknya membawa berkas serta mendaftarkan sebagai Lembaga Pemantau Pemilu. 

“Kami mendatangi Kantor Bawaslu Kota Bekasi. Hal tersebut merupakan sebagai upaya langkah awal dalam rangka membangun Pemilu yang berintegritas,” kata Badri Tamami melalui press releasenya yang diterima media ini, Sabtu, 18 Februari 2023.

Menurutnya, Posnu sudah terakreditasi sebagai lembaga pemantau pemilu oleh Bawaslu RI. Sehingga menjadi andil juga dalam melakukan pemantauan.

“Dasar hukum adanya lembaga pemantau yaitu Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2023 tentang pemantau pemilu, yang salah satu lembaga pemantau yang sudah terakreditasi adalah Poros Sahabat Nusantara. Karena cakupan pemantauan Posnu itu Nasional,” jelasnya.

“Maka, Posnu daerah berkewajiban bersilaturahmi dan melaporkan kepengurusan daerahnya kepada kami, agar bisa bersinergi melakukan pemantauan Pemilu 2024 mendatang,” imbuhnya.

Badri Tamami mengatakan, POSNU Kota Bekasi ikut berpartisipasi dalam berlangsungnya Pemilu 2024 mendatang.

“Dalam pertemuan tersebut, Posnu juga membawa berkas pendaftaran sebagai Lembaga Pemantau Pemilu. Harapannya ke depan Pemilu bisa berjalan dengan sukses sesuai semestinya,” pungkasnya.

Sesuai MoU yang dilakukan oleh Posnu Pusat, kata dia, pihaknya akan melakukan pemantauan yang berbasis tahapan, di antaranya sosialisasi pendidikan pemilih dan adapun nontahapan, yaitu pemantauan partisipasi masyarakat, netralitas ASN dan beberapa isu yang berkaitan disinformasi di medsos seperti isu sara dan berita hoax.

“Kita berharap, dengan keikutsertaan DPC POSNU Kota Bekasi sebagai lembaga pemantau pemilu yang berdiri secara independen, mampu memberikan dampak di Pemilu 2024, khususnya di Kota Bekasi, menjadikan pemilu yang lebih berkualitas dan berintegritas. Harapannya ke depannya Pemilu bisa berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya,” tutupnya. (*/red)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *