Berita Terbaru

Ketua Ranting TTKKDH Kelurahan Dalung Adakan Pertalekan

 


Kota Serang, BewaraNews.Com – Dalam Rangka mempererat tali silaturahmi antar sesama, Nasir Ali selaku Ketua Tjimande Tari Kolot Kebon Tjeruk Hilir (TTKKDH) Ranting Kelurahan Dalung Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang mengadakan acara pertalekan  pengurutan yang selalu dilaksanakan dalam setiap tahunnya.

Pertalekan pengurutan dilaksanakan di lingkungan Dalung Kota Serang mulai dari anak – anak, remaja sampai orang dewasa ikut serta dalam acara Pengurutan tersebut.

“Maksud dan tujuan acara pertalekan ini hanya untuk mempererat dan mengukuhkan persaudaraan antar sesama agar lebih bersinergi dalam menjalankan kehidupan sehari hari,” Ucapnya, Sabtu, (16/12/23).

Ada beberapa makanan dan minuman tradisional dalam acara yang sakral ini, bukan untuk persembahan melainkan tradisi yang selalu di jaga warisan dari sepuh terdahulu.

Bukan hanya para Kasepuhan dari TTKKDH yang ikut serta, adapun ketua pimpinan anak Cabang ( H. Nahrawi – red ) dan para pengurus dari dewan pimpinan pusat pun ikut hadir dalam acara pertalekan dan pengurutan ini.

“Antusiasnya para warga dan tamu undangan yang sangat meriah membuat acara ini semakin terasa kebersamaan dalam wadah satu talek satu tekad satu tujuan,” ungkapnya.

“Diperlakukan layaknya para jawara terdahulu dalam pengurutan ini ,karna minyak yang dipakai pun bukan  sembarang minyak bahkan para pengurut dan sepuh pertalek pun didatangkan dari luar lingkungan dalung,” Tambahnya.

Lanjut ketua ali, bukan hanya para pria saja yang ditalek dan di urut, para wanita remaja dan dewasa pun wajib ditalek, karena itu sudah menjadi bagian dari keluarga besar TTKKDH, karna itu sudah menjadi salah satu aturan dalam satu pertalekan.

Ada beberapa syarat dalam pertalekan dan pengurutan ini, salah satunya harus saling menghargai dan menjaga tali silaturahmi. Bahkan dalam pertalekan ini diwajibkan membaca kalimat syahadat, itu salah satu syarat yang wajib ditaati karna itu sudah menjadi aturan dari para kasepuhan terdahulu.


(*)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *