Berita Terbaru

Ratusan Perusahaan di Cilegon Bakal Meriahkan Bulan K3 dengan Disnakertrans Banten

 


Cilegon, BewaraNews.Com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsakertrans) Provinsi Banten bekerjasama dengan perusahaan industri akan menggelar Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di Kota Cilegon.

Rangkaian Bulan K3 Nasional ini berlangsung dari 12 Januari - 1 Februari 2024. Rencananya, kurang lebih 200 perusahaan di Kota Baja terlibat dalam acara tersebut.

Ketua Panitia Bulan K3, Arief Bagus Arjuna dari PT Dover Chemical mengatakan, rencana apel Bulan K3 akan diselenggarakan pada tanggal 24 Januari 2024.

"Kemudian setelah itu diikuti rangkaian perlombaan dan donor darah sampai tanggal 1 Februari 2024," kata Arief dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Minggu (14/1/2024).

Arief menjelaskan, dalam acara itu juga akan dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penerbitan surat layak K3 secara digital melalui aplikasi OK K3.

"Kemudian ada perlombaan first aid, fire fighting, cerdas cermat, safety vidio. Kemudian ada donor darah juga,” jelasnya.

Sementara, Kepala UPTD Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Banten Wilayah Cilegon- Serang, Agung Ardiansyah mengatakan, acara itu dalam rangka mendorong pembudayaan K3 pada industri dan masyarakat, agar K3 benar-benar diterapkan dalam sebuah perusahaan.

“Acara ini untuk memberikan edukasi bahwa pentingnya K3 diterapkan di sebuah perusahaan, terutama yang memiliki resiko tinggi," ujar Agung.

Agung mencatat, di wilayah Cilegon-Serang kurang lebih ada 1919 perusahaan. Namun, pada pelaksanaan K3 tahun ini, pihaknya hanya melibatkan perusahaan yang beresiko tinggi, seperti industri kimia.

"Supaya perusahaan yang memiliki resiko tinggi benar-benar patuh K3, jangan main-main karena berdampak kepada masyarakat,” ungkapnya.

Agung berharap, perusahaan-perusahaan tersebut dapat turut serta berpartisipasi.

"Kami hanya memfasilitasi saja, nanti perusahaan yang melaksanakan kegiatannya, termasuk panitianya dari mereka," tandas Agung.



(*)

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *