Berita Terbaru

Kelompok Tani di Kecamatan Angsana Siap Tingkatkan IP dengan Optimalisasi Alsintan

BewaraNews.com Pandeglang | Kementrian pertanian melalui Dinas pertanian dan ketahanan kab. pandeglang terus menggalakan peningkatan indeks pertanaman (IP) khususnya di lahan tadah hujan. Peningkatan IP ini dilakukan untuk menggenjot produksi beras nasional di tahun 2024.

Berkaitan dengan hal tersebut, kelompok tani di kec. Angsana yang mayoritas lahannya tadah hujan juga siap mendukung peningkatan indeks pertanaman tersebut melalui efesiensi dan optimalisasi penggunaan alat mesin pertanian (alsintan), khususnya yang bersumber dari bantuan pemerintah. Contohnya Seperti kelompok tani berkah mandiri dan kelompok tani tunas tani yang mendapatkan bantuan alat mesin pertanian berupa traktor roda 4 (empat)

Isa, selaku ketua kelompok tani berkah mandiri ds. Karangsari kec. Angsana kab. Pandeglang mengungkapkan, sebagai ucapan terimakasih kepada pemerintah yang telah memberikan bantuan alsintan berupa traktor roda 4 (empat) kepada kelompok kami, maka kami siap mendukung program kegiatan pemerintah baik pusat maupun daerah termasuk peningkatan Indeks pertanaman di kec. Angsana, apalagi mengingat angsana merupakan salah satu penghasil produksi padi yang besar bagi kab. Pandeglang. 

Ditempat terpisah, sukandi, ketua kelompok tani tunas tani ds. Kramatmanik kec. Angsana kab. Pandeglang juga menuturkan, bantuan alat mesin traktor roda 4 yang kelompok kami terima siap digunakan untuk mengolah lahan para petani guna meningkatkan indeks pertanaman di kec. Angsana sehingga yang awalnya ip 200 menjadi ip 300.

Dengan peningkatan indeks pertanaman diharapkan produksi beras jadi meningkat sehingga mampu memperkuat ketahanan pangan secara mandiri tanpa harus bergantung pada kebijakan impor. @Iwan

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *